Pariwisata Batang (Promo Jawa Tengah)


________________________________________________________________________________________________

Desa Wisata Sodong, Silurah

Kamis, 08 Okt 2009

Desa Wisata Sodong dan Silurah secara geografis memiliki luas wilayah 749,43 hektare atau bersebelahan dengan wilayah perbatasan Kabupaten Pekalongan. Jarak tempuh Desa Sodong dan Silurah, Kecamatan Wonotunggal sekitar 23 kilometer dari Pusat Kota Batang dengan bisa menggunakan kendaraan roda dua dan mobil. Desa Sodong yang memiliki jumlah penduduk 1.603 orang ini memiliki budaya dan adat istiadat di dua desa tersebut masih tampak kental. Mata pencaharian warga Desa Sodong dan Silurah selain bertani tanaman salak, kapulogo, cengkih, dan panili juga bekerja sebagai pengrajin anyaman bambu, seperti besek, tampah, dan ceting (Tempat nasi). Sementara, budaya dan istiadat yang masih dipercaya oleh warga setempat, yaitu melakukan upacara penyembelihan kambing ‘Kendit’ yang dilakukan pada Rabu Wage, bulan Jumadil Awal sebagai upaya ‘tolak balak’ agar desanya tidak terkena musibah. Selain itu, warga Desa Sodong juga melakukan tradisi upacara panen padi dengan menyajikan makanan ‘jadah pasar’.
Desa Wisata Sodong dan Silurah juga memiliki cagar alam patung Ganesha, wisata Curug Niagara, dan makam syeh Kajoran. Fasilitas yang dimiliki Desa Wisata Sodong ini, yaitu ‘home stay’ dengan harga sewa yang relatif murah. Di Desa Sodong dan Silurah ini, juga terdapat peninggalan masjid tertua di Dukuh Gringgingsari yang diyakini warga
sebagai masjid peninggalan Sunan Bonang.


Pantai Ujungnegoro

Kamis, 08 Okt 2009

Pantai Ujungnegoro merupakan pantai yang memiliki daya tarik tersendiri, karena disamping memiliki panorama yang indah juga memiliki kekuatan majis. Disana ada sumur yang airnya tawar walau hanya beberapa meter dari bibir pantai dan goa Aswotomo.Objek Wisata (OW) terletak Ds. Ujung Negoro Kec. Tulis Batang. Pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan Kec. Tulis mobil pribadi/roda dua, dan Angkudes warna Biru Jurusan Ujung Negoro-Kota Batang dan Telp. ( 0285 ) 391141 ; Fax ( 0285 ) 391051
Sementara jarak tempuh menuju lokasi ada sekitar sembilan kilometer dari Kota Batang atau lima lima kilometer dari jalur Pantura Jakarta-Semarang. Selain untuk tempat memancing dan
berkemah, Karasteritik keindahan OW ini hampir sama dengan OW Sigandu.

Tiket Masuk
Hari Biasa Dewasa Rp. 1.500,00 Anak Rp. 1000,00
Hari Libur Dewasa Rp. 2.000,00 Anak Rp. 1.500,00


Pantai Sigandu

Kamis, 08 Okt 2009

Obyek wisata ini semakin memiliki daya tarik tersendiri setelah Pemkab Batang membangun jalan tembus Sigandu-Ujungnegoro sepanjang sekitar enam kilometer.
Selain itu, dengan dibangunnya arena atraksi lumba-lumba dan dua kapal wisata, wisata bahari di Batang ini semakin diminati pengunjung.
Obyek wisata Sigandu terletak di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan mobil dengan menyusuri pertigaan jalur pantura Batang atau sekitar 2,5 kilometer dari pertigaan Samsat Batang.


Curug Genting

Kamis, 08 Okt 2009

Obyek wisata Curug Genting yang memiliki panorama alam yang indah dan suasana sejuk ini terletak di Desa Bawang, Kecamatan Blado atau sekitar 37 kilometer sebelah timur Kota Batang ini dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua dan mobil.
Namun, bagi wisatawan yang akan menuju ke obyek itu tidak dapat meneruskan ke lokasi dengan menggunakan mobil dan harus dititipkan hingga di Kecamatan Blado saja atau pemukiman penduduk setempat.
Untuk menuju ke lokasi obyek yang dipenuhi dengan pepohonan pinus ini, para wisatawan dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau roda dua dengan jarak sekitar satu kilometer..


Curug Gombong

Kamis, 08 Okt 2009

Obyek wisata Curug Gombong yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini terletak di Desa Gombong, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah atau sekitar 35 kilometer dari arah timur Kota Batang.
Daya tarik Curug Gombong ini, adalah memiliki keindahan alam yang masih alami dengan diiringi gemercik air pegunungan dan kicau burung karena lokasinya masih berada di kawasan hutan jati dan pinus.
Untuk menuju ke obyek wisata Curug Gembong dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer dari jalur pantura Subah ke Desa Gombong.


THR Kramat

Senin, 02 Jun 2008

Objek wisata ini terletak di Kelurahan Proyonanggan Selatan Batang dan Telp. ( 0285 ) 391141, Fax ( 0285 ) 391051
THR Kramat mempunyai tradisi Jumat Kliwon berada di sekitar sungai Kramat dan ada kepercayaan bagi yang mandi akan mendapat berkah serta terdapat panggung terbuka dan tempat bermain anak-anak.
Objek wisata ini mempunyai fasilitas :
Pemandangan alam, arena bermain anak-anak, camping ground, panggung hiburan.

Tiket Masuk
Hari Biasa Dewasa Rp. 1.500,00 Anak Rp. 1.000,00
Hari Libur Dewasa Rp. 2.000,00 Anak Rp. 1.500,00


Kolam Renang Bandar

Rabu, 18 Jun 2008

Objek wisata ini terletak di Desa Wonokerto Kecamatan Bandar Batang .Kolam renang dengan menggunakan air alami yang mata airnya terdapat di sebelah kolam dan terjaga kebersihannya. Terdapat pula arena bermain anak-anak di kawasan kolam.
Route kurang lebih 20 Km sebelah selatan kab. Batang, bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Batang dengan kondisi jalan mulus dan lalu lintas yang tidak terlalu ramai serta di sepanjang perjalanan bisa menikmati pemandangan alam dan persawahan dengan udara yang sejuk.

Objek wisata ini mempunyai fasilitas antara lain :
Kolam Renang, Taman Rekreasi, Camping Ground, Pemandangan
Alam, Arena bermain anak-anak dan pada musim liburan sering
digelar acara hiburan.

Tiket Masuk
Hari Biasa Dewasa Rp. 1.500,00 Anak Rp. 1.000,00
Hari Libur Dewasa Rp. 2.000,00 Anak Rp. 1.500,00

Kolam Renang Dewasa Rp. 2.000,00 Anak Rp. 1.000,00


Dengklung

Jumat, 30 Mei 2008

Dengklung lahir, tumbuh dan berkembang di wilayah Kecamatan Blado. Kemudian berkembang kewilayah Kecamatan Bandar. Kesenia yang dikelompokkan kedalam ” Musik Rakyat ” yang bernafaskan Islam, dimainkan oleh wanita. Saat ini syair dan lagunya diadakan pembaharuan sesuai dengan gerak pembangunan bangsa.


Malam Jum’at Kliwon

Jumat, 30 Mei 2008

Dilaksanakan setiap malam Jum ‘at Kliwon tepatnya di alun-alun Batang. Selain sebagai arena keramaian berupa pasar malam dimana banyak penjual / pedagang kaki lima menjajakan dagangannya, juga dapat membeli makanan khas Batang dan menyaksikan pagelaran seni tradisional antara lain : Dengklung, Kuntulan dan sebagainya. Ada kepercayaan bagi yang berjualan akan mendapat berkah…


Kuntulan

Jumat, 30 Mei 2008

Kesenian Kuntulan adalah seni tradisional yang berkembang seiring dengan perkembangan Agama Islam. Kesenian ini selain mengandung unsur seni juga merupakan gerak dasar pencak silat. Pemain kuntulan umumnya pria, sedangkan lagu-lagu yang dibawakan dasarnya berbahasa Arab yaitu merupakan Salawatan.


________________________________________________________________________________________________

Lengger Pagilaran

Jumat, 30 Mei 2008

Merupakan kesenian rakyat yang bersal dari kecamatan Blado. Kesenian ini berupa Sendratari yang menggambarkan suatu cerita antara lain Sinto Ilang, Taman Soko dan sebagainya.


Lomban

Jumat, 30 Mei 2008

Kegiatan yang berupa Lomba Perahu, dilaksanakan pada tanggal
1 Syawal setiap tahunnya. Tepatnya di sungai Klidang Lor Kecamatan Batang. Kegiatan ini memepunyai maksud kemenangan masyarakat nelayan setelah melaksanakan Ibadah Puasa dan mengenang pendahulu Batang saat berjuang melawan Raja Siluman Alas Roban.


Kirab Pusaka

Jumat, 30 Mei 2008

Kegiatan ini bukti bahwa Kabupaten Batang ada sejak lama yaitu zaman pemerintahan Sultan Agung Hanyokro Kusumo di Mataram. Namun karena situasi kondisi ( Malaise ) pada zaman kolonial Belanda maka pada tahun 1936 dihapus. Kembali berdiri pada tahun 1966 atas perjuangan para perintis kembalinya Kabupaten Batang dan dukungan secara luas oleh masyarakat serta pemerintah saat itu. Pusaka yang dikirab 8 pusaka, berupa tombak, salah satunya Tombak Abirawa, yaitu peninggalan Bupati Batang I, Pangeran Kyai Adipati Mandurorejo Trah Sunan Giri.


REST AREA JATISARI

Kamis, 14 Des 2006

Ds.Subah Tempat ini berlokasi di jalur Pantura Jatisari, Subah. Lokasi ini sangat strategis sebagai tempat beristirahat pengguna jalan yang sedang menempuh perjalanan …


Agrowisata Salak Sodong

Minggu, 22 Jun 2008

Desa Sodong memiliki potensi yang dalam dalam pembangunan yaitu Curug dan Agrowisata Salak Sodong, selain itu juga dikenal sebagai penghasilKapulogo, panili, dan Cengkeh , Salak sodong pada tahun 1999 pernah menjadi juara lonba buahTingkat Jawa Tengah. Ds.Sodong Kec.Sodong Agrowisata Sodong ini berada atau 17 Km dari Kota Batang. OW ini ada pada ketinggian 600-800 meter dari permukaan laut (MPL). Wisatawan dapat disuguhi dengan panorama curug serta perkebunan salak.


Agrowisata Pagilaran

Selasa, 03 Jun 2008

Agrowosata Pagilaran di Desa Keteleng Kecamatan Blado Batang yang terletak 41 Km dari Kota Batang ke arah selatan. Kawasan ini berupa perkebunan teh yang cukup luas yang menghampar bagaikan karpet hijau yang menutupi lereng pegunungan serta terdapat peninggalan perusahaan Inggris dan Belanda berupa kereta gantung Kopel. Wisatawan dapat berjalan-jalan di perkebunan teh sambil melihat prosesi pembuatan teh. Bagi wisatawan yang kemalamam bisa menginap di penginapan Agrowisata PT Pagilaran.

Objek wisata ini mempunyai fasilitas :
Home Stay, Tersedia juga tempat untuk penyelenggaraan rapat, Tempat olahraga, Kolam renang mini, Kesenian tradisional berupa lengger, Kuda lumping dan hiburan lain.

Tiket Masuk
Hari Biasa Dewasa Rp. 1.500,00 Anak Rp. 1.000,00
Hari Libur Dewasa Rp. 2000,00 Anak Rp. 1.500,00


KRAMAT BATANG

Kamis, 14 Des 2006

Objek wisata (OW) ini berada di tepi sungai Kramat, Batang dan merupakan tempat sarana berbagai pertunjukan kesenian dan kebudayaan serta memiliki fasilitas arena bermain anak-anak.


KOLOM RENANG BANDAR

Kamis, 14 Des 2006

Objek wisata ( OW)ini berada di daerah pegunungan Desa Bandar,
Kec. Bandar berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Batang.

OW bisa ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi/roda dua dan angkutan umum baik dari jurusan Batang-Bandar atau
Pekalongan-Bandar.

O.W ini mempunyai keistimewaan sumber kolam renang tidak pernah kering ketika musim kemarau dan selalu mengeluarkan air alami yang jernih dan segar. Ada taman yang indah dan dilengkapi sarana bermain anak. Kolam renang peninggalan penjajahan Belanda ini mempunyai hawa sejuk dan diyakini bisa membuang kesialan bagi siapa saja yang datang ke lokasi OW tersebut.


PANTAI UJUNG NEGORO

Senin, 02 Jun 2008

Pantai Ujungnegoro merupakan pantai yang memiliki daya tarik tersendiri, karena disamping memiliki panorama yang indah juga memiliki kekuatan majis. Disana ada sumur yang airnya tawar walau hanya beberapa meter dari bibir pantai dan goa Aswotomo.Objek Wisata (OW) terletak Ds. Ujung Negoro Kec. Tulis Batang. Pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan Kec. Tulis mobil pribadi/roda dua, dan Angkudes warna Biru Jurusan Ujung Negoro-Kota Batang dan Telp. ( 0285 ) 391141 ; Fax ( 0285 ) 391051
Sementara jarak tempuh menuju lokasi ada sekitar sembilan kilometer dari Kota Batang atau lima lima kilometer dari jalur Pantura Jakarta-Semarang. Selain untuk tempat memancing dan
berkemah, Karasteritik keindahan OW ini hampir sama dengan OW Sigandu.

Tiket Masuk
Hari Biasa Dewasa Rp. 1.500,00 Anak Rp. 1000,00
Hari Libur Dewasa Rp. 2.000,00 Anak Rp. 1.500,00

By muhibbuddinku Posted in Wisata

2 comments on “Pariwisata Batang (Promo Jawa Tengah)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s